19 C Mumbai
Saturday 20th July 2024
Peta Wisata Bali ke Destinasi Favorit, dari Pantai Indah Sampai … – Merdeka.com
By Sofyanradeon

Peta Wisata Bali ke Destinasi Favorit, dari Pantai Indah Sampai … – Merdeka.com

Merdeka.com – Peta wisata Bali dapat menjadi penuntun Anda saat hendak berlibur ke sana bersama keluarga, sahabat, ataupun sendirian. Bali memang masih menjadi destinasi wisata favorit para pelancong, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
Sebab, pulau ini menyajikan banyak sekali keindahan alam dan budaya yang sulit ditemukan di tempat lain. Tempat wisatanya pun bervariasi, mulai dari deretan pantai yang indah, bangunan-bangunan kuno yang bersejarah, hingga panorama alam yang menyejukkan.
Berikut adalah peta wisata Bali yang terbagi di masing-masing bagian wilayahnya mulai dari Bali bagian Barat, Tengah, Selatan, hingga Utara. Dengan peta wisata Bali, Anda bisa mengatur rute perjalanan liburan Anda dengan lebih efisien. Semoga membantu!

Peta Wisata Bali Bagian Barat

Bali bagian barat berada dekat dengan pelabuhan Gilimanuk yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Bali. Di sini, terdapat sejumlah destinasi wisata yang layak untuk Anda kunjungi. Berikut peta wisata Bali bagian barat tersebut:
1. Taman Nasional Bali Barat
taman nasional bali barat
©Creative Commons/Annisa F

Taman Nasional Bali Barat berada di ujung barat laut Bali. Kawasan konservasi meliputi Semenanjung Prapat Agung yang bergunung-gunung dan perairan pesisir di sekitarnya. Hutan, bakau, dan savana melindungi hewan langka seperti jalak Bali dan banteng. Di lepas pantai timur laut semenanjung, Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dan rumah bagi kijang asli dan candi Hindu kuno.
2. Desa Musi, Gerokgak
Umumnya hanya dikenal di kalangan penduduk setempat, Desa Musi adalah tempat pelarian yang menyegarkan bagi Anda yang mencari pengalaman otentik di desa Bali yang sederhana.
Di sini, Anda bisa menikmati area tebing tempat air terjun dengan kolam alami di bawahnya. Karena air terjun ini sangat tersembunyi, cara terbaik untuk mencapai tempat ini adalah dengan menanyakan arah kepada penduduk desa setempat ketika Anda mencapai Desa Musi.
3. Air Terjun Yeh Buah
Air terjun Yeh Buah terletak di tengah Kabupaten Jembrana, tepatnya di Kecamatan Medoyo yang berjarak 27 kilometer dari kota kabupaten. Yang menarik dari air terjun Yeh Buah adalah endapan bebatuan yang berlapis-lapis dan membutuhkan tenaga untuk melewati jalur trekking. Curug Yeh Buah juga dikenal dengan Curug Grojogan.
4. Pulau Menjangan
Pulau Menjangan adalah sebuah pulau di Selat Bali yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini menjadi kawasan perlindungan rusa atau menjangan. Pulau ini juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya, menjadikannya tempat liburan yang tepat bagi Anda pecinta snorkeling.
5. Pura Majapahit
Ke Bali tanpa mampir ke pura rasanya kurang lengkap. Di Bali Barat atau tepatnya di Desa Baluk, Kecamatan Negara, terdapat Pura Majapahit yang memiliki cerita menarik sejak pembangunannya hingga saat ini.
Pura Majapahit dibangun sejak tahun 1945, di tahun yang sama dengan diumumkannya kemerdekaan Indonesia ke dunia. Candi Majapahit terletak tidak jauh dari Taman Pecangakan.
6. Pantai Candikusuma
Menikmati sunset di Bali tentunya merupakan pengalaman yang sangat menawan. Pantai Candikusuma terletak di wilayah barat Pulau Dewata, artinya Anda bisa menikmati sunset tidak hanya di Kuta.
Di pantai yang terletak di Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya ini, warna pasirnya kontras dengan warna ombaknya dan menyajikan pemandangan yang cantik.

Peta Wisata Bali Bagian Selatan

Wilayah selatan Bali terutama meliputi Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Kawasan Bali selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan menjadi tujuan utama bagi para pelancong. Sebut saja Pura Uluwatu, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, dan masih banyak lagi.
1. Pura Uluwatu
Pura Uluwatu menempati urutan pertama dari daftar wisata di Bali selatan. Daya tarik utama Pura Uluwatu adalah pemandangan matahari terbenam. Dari atas tebing di Pura Uluwatu, pengunjung bisa melihat Samudera Hindia tanpa halangan.
Selain itu, ada juga arsitektur pura Hindu Bali, kawasan hutan yang dihuni oleh monyet abu-abu ekor panjang, dan tepat pada pukul 18.00, di area Pura Uluwatu akan digelar pertunjukan tari Kecak Api Bali yang dikenal dengan tari Kecak Uluwatu. Daya tarik utama tari Kecak Uluwatu adalah latar tari Kecak Bali yang menampilkan pemandangan matahari terbenam Samudera Hindia.
2. Pantai Melasti Ungasan
Daya tarik utama Pantai Melasti Ungasan terletak pada kebersihan kawasan pantainya; tempat parkir kendaraan dekat dengan bibir pantai, ombaknya sangat tenang, dan perairan lautnya tidak dalam. Saat memasuki kawasan pantai Melasti Ungasan, Anda akan menyusuri jalan lebar beraspal mulus di atas tebing kapur.
Aktivitas pengunjung biasanya berenang dan duduk di pinggir pantai. Kemudian saat air laut surut, Anda akan melihat cekungan karang kecil yang cocok untuk mandi. Ada banyak area klub pantai di sisi barat. Sedangkan di sisi timur, Anda akan menemui semenanjung batu putih.
Kemudian di sebelah kiri kawasan semenanjung, Anda akan melihat panggung pertunjukan tari Bali yang digunakan untuk pertunjukan tari Kecak. Pertunjukan tari Kecak di Pantai Melasti dikenal dengan nama Tari Kecak Melasti.
3. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau biasa disebut dengan GWK Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang paling disukai dan diakui di Bali selatan. Daya tarik utama taman budaya ini adalah patung tinggi yang disebut Garuda Wisnu Kencana.
Tinggi patung GWK totalnya adalah 122 meter. Selain sosok Garuda Wisnu, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya di kawasan GWK Bali. Pukul 18.00 di area GWK Bali juga ada pementasan tari Kecak Bali.
4. Pantai Tanjung Benoa
Bagi sebagian besar wisatawan yang berlibur di pantai Tanjung Benoa, tujuan utamanya adalah mencoba aktivitas wisata bahari yang dikenal dengan nama Tanjung Benoa Water Sports. Setibanya pengunjung di kawasan pantai Tanjung Benoa, pengunjung akan disuguhi pemandangan pantai pasir putih.
Di sepanjang garis pantai Tanjung Benoa, Anda akan melihat banyak penyedia aktivitas water sports Bali. Olahraga wisata bahari yang tersedia di Tanjung Benoa antara lain banana boat rides, melonjak menggunakan parasailing adventures, snorkeling, dan ocean walker, serta beberapa wisatawan yang akan berlibur di Pulau Penyu Tanjung Benoa.
5. Pantai Pandawa
Sebelum pantai Melasti di Ungasan dikenal seperti sekarang, Pantai Pandawa selalu menjadi pantai pasir putih yang paling banyak dikunjungi di Bali selatan. Daya tarik pantai Pandawa terletak pada keindahan pantai pasir putih, warna air laut yang biru jernih dengan gradasi hijau, dan kawasan Pantai Pandawa yang dikelilingi tebing kapur yang sangat tinggi.
Dari jalan di atas tebing, Anda bisa melihat keindahan pantai Pandawa tanpa ada halangan. Setelah itu, Anda akan melihat ciri-ciri utama pantai Pandawa. Yakni, di sisi jalan utama, Anda akan melihat enam patung Pandawa. Lima tokoh Pandawa dan satu arca Dewi Kunti. Aktivitas wisatawan yang berlibur ke Pantai Pandawa adalah duduk santai di pinggir pantai, berenang, atau bermain kano.
6. Pantai Jimbaran
Daya tarik utama pantai Jimbaran adalah pasir pantainya yang putih, air laut yang tenang, dan kebersihan pantai yang terjaga. Garis pantai Jimbaran menghadap ke sisi barat sehingga pada sore hari pengunjung pantai Jimbaran dapat melihat pemandangan sunset.
Kafe seafood adalah yang membedakan pantai Jimbaran dengan tempat wisata pantai lainnya di Bali. Wisatawan bisa menikmati seafood bakar yang dijual di sepanjang garis pantai Jimbaran hingga pantai Kedonganan. Dengan pemandangan matahari terbenam, wisatawan dapat menikmati makan malam seafood bakar yang menjadi daya tarik utama pantai ini.

Peta Wisata Bali Bagian Utara

Kuta, Seminyak, dan Ubud nampaknya merupakan destinasi wisata Bali yang mainstream. Jika Anda ingin menjelajah pulau Bali bagian lain, Anda bisa datang ke Bali bagian utara. Berikut peta wisata Bali bagian utara yang bisa Anda gunakan;
1. Pantai Lovina
Berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Denpasar, Pantai Lovina merupakan kawasan pesisir di sisi barat laut Bali yang sangat cocok bagi Anda penyuka snorkeling dan melihat-lihat pemandangan bawah laut. 
Di pantai pasir hitamnya yang indah, selain eksplorasi jalan kaki santai dan berenang dengan tenang, Anda juga bisa melakukan tur menonton lumba-lumba. Dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitar Bali selatan, Pantai Lovina lebih sering didatangi lumba-lumba karena perairannya yang tenang.
2. Gunung Batur
pemandangan gunung batur di kawasan kintamani
©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
Bangun lebih awal di hari liburan Anda dan pergilah ke puncak Gunung Batur untuk melihat matahari terbit yang akan mengubah hidup Anda. Ada banyak travel agent/tour operator yang menawarkan paket-paket menarik untuk perjalanan ini, jadi carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Gunung Batur hanya berjarak 2 jam berkendara dari Denpasar. Anda bisa mencari tempat menginap terdekat atau langsung berangkat dari hotel untuk datang ke sini dan nikmati aktivitas jelajah alam yang tak ada duanya.
3. Pura Ulun Danu Bratan
Selain Garuda Wisnu Kencana, Pura Ulun Danu Bratan di kawasan Bedugul juga dikenal sebagai ikon pariwisata Bali. Nama “Ulun Danu” berarti tepi danau, sedangkan “Bratan” adalah nama danau tempat pura itu berada. Danau ini terletak di dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.
Anda akan disambut oleh pemandangan yang menakjubkan dan angin sepoi-sepoi yang sejuk saat tiba di sini. Ada juga Pura Ulun Danu lainnya di kawasan wisata Kintamani bernama Ulun Danu Batur. Pura ini dianggap sebagai salah satu pura terpenting di Bali yang berfungsi sebagai penjaga keharmonisan dan stabilitas di Bali. 
4. Pantai Amed
Pantai Amed memang tidak seramai dan seramai pantai-pantai di bagian selatan Bali, namun tentunya pantai ini memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi mereka yang gemar menyelam dan snorkeling. Banyak operator selam membuka bisnis di sini karena terumbu karangnya yang indah dan tidak terganggu.
Tersedia juga banyak pilihan akomodasi mulai dari homestay sederhana hingga resort mewah. Secara keseluruhan, Pantai Amed menawarkan suasana santai yang cocok untuk segala acara. Namun, karena memiliki suasana yang tenang dan damai, disarankan Anda pergi ke sini untuk berbulan madu atau liburan dalam jangka waktu yang lama.
5. Wisata Air Terjun
Ada 4 rekomendasi air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan di Bali utara, yaitu Sing Sing Angin, Blahmantung, Pengempu, dan Leke Leke. Air Terjun Sing Sing Angin terletak di Desa Manikyang di pusat Tabanan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi memesona dalam segala hal.
Jika Anda mencari tempat yang lebih terpencil, pergilah ke Air Terjun Blahmantung di Desa Pujungan di sisi barat daya Tabanan. Tak hanya disambut oleh air terjun setinggi 25 meter, Anda juga bisa menemukan 2 air terjun serupa lainnya dari spot ini yang tak kalah serunya.
Tempat air terjun tenang lainnya di Tabanan adalah Air Terjun Pengempu di Desa Cau Belayu. Suasana dan suara air terjun yang menenangkan pasti akan menenangkan pikiran Anda. Lalu ada Air Terjun Leke Leke yang tersembunyi di Desa Antapan. Air terjunnya pendek dan sempit, menjadikannya pemandangan yang cukup unik untuk dilihat, tetapi tetap dijamin akan membuat Anda terpesona.

Peta Wisata Bali Bagian Timur

Bali Timur sebagian besar dicakup oleh Kabupaten Karangasem. “Jalan masuk” ke Bali Timur adalah kota Candi Dasa, yang terletak di Pantai Timur Bali dan merupakan kota resor yang sangat populer. Lebih jauh ke selatan adalah Padang Bai, yang merupakan pelabuhan feri utama ke Bali, dan tempat masuk dan keluar pulau Gili atau Lombok. Berikut peta wisata Bali timur;
1. Pura Lempuyang
Pura Penataran Agung Lempuyang adalah pura Hindu yang terletak di kaki Gunung Lempuyang di Kabupaten Karangasem yang indah. Ini adalah salah satu dari “enam tempat suci dunia”, yang mengacu pada enam tempat ibadah tersuci di Bali. Menurut kepercayaan Bali, mereka dimaksudkan untuk memberikan keseimbangan spiritual ke pulau itu.
Dikenal sebagai salah satu pura paling dihormati di Bali, beberapa tahun belakangan ini Pura Lempuyang semakin populer di kalangan wisatawan sebagai tempat Instagram Bali. Banyak orang berbondong-bondong ke Bali Timur untuk menyaksikan pemandangan di antara awan dan mengabadikan beberapa foto yang indah di pura ini. 
2. Taman Ujung Water Palace
Taman Ujung Water Palace menyajikan kisah masa lalu ketika Kabupaten Karangasem adalah kerajaan yang kaya dan kuat. Area ini dibangun sebagai tambahan untuk Istana Kerajaan bersama dengan Tirta Gangga, sebagai tempat untuk menyambut pengunjung penting dari negara tetangga. Saat ini istana air masih dimiliki oleh seorang bangsawan tetapi telah dibuka untuk dinikmati publik.
Properti luas ini menawarkan beberapa kolam besar, bunga berwarna-warni, pohon palem yang mengesankan, dan struktur bersejarah yang terletak di Gunung Agung yang perkasa dan garis pantai timur sebagai latar belakangnya. Biaya masuknya adalah Rp50.000 dan jika ingin menerbangkan drone harus membayar tambahan Rp500.000.
3. Pura Besakih
Bertengger tinggi di sisi Gunung Agung, Anda akan menemukan pura Hindu tersuci dan terbesar di Bali. Pura Besakih adalah kompleks yang sangat luas dengan lebih dari 80 pura dan tempat suci yang terpisah, dengan Pura Penataran Agung yang terbesar dan terpenting.
Bagi masyarakat Bali, mengunjungi Pura Besakih adalah ziarah yang benar-benar istimewa. Ini adalah satu-satunya kuil di pulau yang terbuka untuk setiap kelompok kasta. Pura Besakih adalah salah satu tempat paling istimewa yang dapat Anda kunjungi di Bali.
Tidak hanya candi itu sendiri yang menakjubkan tetapi lokasinya yang tinggi menawarkan pemandangan spektakuler melintasi pedesaan yang indah dengan sawah, perbukitan dan sungai.
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mendapat kesempatan bertemu Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Haji Anwar bin Ibrahim
Kerja sama tersebut hanya bisa dilakukan jika memiliki kepercayaan satu sama lain yang harus dibangun dan dipelihara.
Merdeka.com merangkum informasi tentang resep jajan kekinian yang disukai anak muda dan cocok untuk dijadikan usaha.
Pesona Beby Tsabina saat hadiri Venice Film Festival 2023 benar-benar berhasil mencuri perhatian. Penampilannya yang amat cantik dipuji mirip Jisoo Blackpink.
Ironis, meski manusia belum menghuni Planet Mars, namun jejak sampah sudah ada.
Kucing asli Pulau Raas Sumenep ini pernah dijadikan cinderamata bagi tamu penting. Intip potret gemasnya.
Rawat kulit Anda agar selalu awet muda dengan pemilihan kandungan skincare yang tepat.
Banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan jika mengamalkan bacaan ini.
Defisit kalori banyak dipraktikkan untuk menurunkan berat badan, namun ada manfaat lain yang dimilikinya.
Jujur adalah sifat yang memerlukan kesesuain antara perkataan yang diucapkan dengan perbuatan yang dilakukan.
Qodarullah adalah ketetapan atau qadar dari Allah SWT yang tidak perlu dipertanyakan atau disesali.
Gili Trawangan memiliki sajian panorama alam yang asri dan eksotis.
Copyright © 2023 Merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.

source

  • No Comments
  • September 7, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *