19 C Mumbai
Friday 14th June 2024
Deretan Destinasi Wisata Jogja Bersifat Edukasi dan Ramah Anak – Krjogja – Krjogja
By Sofyanradeon

Deretan Destinasi Wisata Jogja Bersifat Edukasi dan Ramah Anak – Krjogja – Krjogja


Krjogja.com – YOGYA – Tak percuma Jogja dijuluki Kota Pelajar dan Destinasi Wista ke-2 setelah Bali, karena di sini menawarkan wisata yang sifatnya tak sekadar bersenang-senang, namun ada juga sisi edukasinya.
Wisata edukasi ini ada yang dikelola pemerintah setempat, sebagian lagi dipegang swasta. Bagi yang liburan ke Jogja, orangtua yang membawa anak-anaknya cocok mengunjungi wisata edukasi ini. Jadi anaknya tidak hanya bergembira, namun juga mendapatkan manfaat di bidang pendidikan.
Ada banyak tempat wisata edukasi yang dapat menambah khazanah pengetahuan dan juga menyenangkan yang bisa ditemukan di Jogja yang tentunya ramah anak. Berikut rekomendasi tempat wisata edukasi tersebut:
1. Taman Pintar
Di pusat Kota Jogja terdapat tempat wisata edukasi yang sangat populer. Lokasinya pun tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tempat wisata edukasi itu tak lain adalah Taman Pintar.
Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bukan, kalau tempat wisata edukasi ini sarat akan wahana bermain yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan tempat bermain bagi anak-anak.
Taman pintar memiliki berbagai wahana edukatif yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Wahana-wahana tersebut di antaranya, zona pengelolaan sampah, wahana bahari, science theater, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, gedung, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.
Bagi Anda yang berminat untuk mengajak anak-anak untuk mengunjungi Taman Pintar, tempat wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Jogjakarta.
Anda bisa memilih berbagai program rekreasi di Taman Pintar, dengan membeli tiket yang harganya tidak akan menguras kantong Anda. Harga tiket mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 22.000 tergantung wahana dan program rekreasi yang Anda pilih.
2. Gembira Loka Zoo
Gembira Loka Zoo merupakan Kebun Raya dan Kebun Binatang yang berada di Kota Jogja. Tempat wisata edukasi ini memiliki berbagai wahana rekreasi seperti interaksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, speed boat, perahu katamaran, dan lain lain.
Tempat wisata edukasi ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti akses wifi internet, food court/kuliner, kursi roda, gelang anak, mushola, mayang tirta, dan banyak spot foto menarik yang bisa anda temui.
Terdapat sejumlah zona di Gembira Loka Zoo, di antaranya adalah zona Petting Zoo, Zona Reptil & Amphibi, Zona Bird Park, Zona Cakar, Zona Mamalia, Zona Primata, Zona Ikan, dll.
Di Gembira Loka Zoo, pengunjung bisa berfoto bersama satwa di berbagai zona satwa. Tidak hanya itu, terdapat spot foto menarik yang instagramable di dalamnya.
3. Agro tourism Bhumi Merapi
Agrowisata Bhumi Merapi merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Jalan Kaliurang 20 Km, tepatnya di belakang balai desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi.
Konsep yang diberikan oleh destinasi wisata ini adalah wisata edukasi. Tak heran jika destinasi wisata ini menjadi alternatif yang bagus untuk liburan keluarga.
Editor: Ary B Prass
PT Badan Penerbit Kedaulatan Rakyat
Jl. Margo utomo No. 40 Gowongan Jetis
Yogyakarta 55232

(0274) 565685
krjogjadotcom@gmail.com
©2023 Kedaulatan Rakyat

source

  • No Comments
  • September 5, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *