19 C Mumbai
Tuesday 27th February 2024
By Sofyanradeon

8 Daftar Wisata Terfavorit 2022 di Jogja

Kota Jogja menyuguhkan destinasi wisata terbaru hingga menjadi favorit wisatawan. Berikut delapan destinasi wisata terfavorit 2022 di Jogja.

Berkunjung ke Jogja bisa menjadi keputusan yang tepat sebagai pilihan destinasi kota untuk liburan. Ada berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan di Kota Pelajar ini.
Mulai dari wisata alam dengan hamparan pemandangan laut maupun gunung hingga wisata alam buatan yang dikonsep sedemikian rupa hingga membuat para pengunjungnya betah.

SCROLL TO RESUME CONTENT
Bagi yang merencanakan liburan akhir tahun di Jogja, berikut sederet tempat wisata terfavorit sepanjang tahun 2022 dan wajib dikunjungi. Dirangkum dari review Google, media sosial, maupun situs wisata TripAdvisor, berikut 8 rekomendasi wisata terfavorit 2022 di Jogja:
Dikutip dari situs Kapanewon Prambanan, prambanankec.slemankab.go.id, Obelix Hills terletak di Dusun Klumprit I, II, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Jogja.
Obelix Hills ini berada di atas bukit batu purba dengan luas 8 hektare di sebelah tenggara Candi Prambanan. Obelix Hills ini masuk ke dalam kawasan Shiva Plateu yang merupakan dataran tinggi siwa yang muncul berdasarkan dari banyaknya penemuan peninggalan budaya Hindu yang ada di area tersebut.
Obelix Hills jadi tempat wisata yang pas bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan alam yang masih asri, terlebih pemandangan sunsetnya tampak cantik dari objek wisata ini.
Fasilitas di Obelix Hills: restoran, musala, area parkir luas, toilet, glamping, dan lain sebagainya.
Tiket Obelix Hills:
– Rp 15.000 (Senin-Jumat)
– Rp 20.000 (Sabtu dan Minggu)
Tempat wisata yang satu ini cocok buat kamu yang ingin merasakan suasana asri persawahan di Jogja. Dikutip dari laman resminya, obelixvillage.com, Obelix Village adalah wisata resto terbaru di Jogja yang mengusung konsep pedesaan dengan view hamparan sawah hijau.
Obelix Village ini terletak di Jalan Kenangan, Krandon, Pandowoharjo, Sleman, Jogja. Ada berbagai variasi restoran di dalam Obelix Village, seperti resto keluarga Pulen Kopi Ponti, Petit Paris Boulangerie, dan Samui.
Fasilitas Obelix Village:
Spot foto dan wisata lainnya di Obelix Village, seperti Little Zoo, Mini Farm, Flower Garden, dan Secret River Deck.
Harga Tiket Obelix Village:
– Rp 20.000 (Senin-Jumat pukul 08.00-21.00 WIB)
– Rp 25.000 (Sabtu dan Minggu pukul 08.00-22.00 WIB)
Harga tiket tersebut merupakan harga tiket paket komplet, yaitu tiket masuk, Little Zoo, Mini Farm, Flower Garden, dan Secret River Deck.
Selanjutnya, ada Bukit Pengilon yang terletak di Tepus, Purwodadi, Gunungkidul. Bukit Pengilon ini berada di searah dengan jalur Pantai Watu Lumbung dan juga Pantai Wedi Ombo.
Dikutip dari laman Visiting Jogja, Bukit Pengilon ini sangat luas bahkan menghubungkan tiga pantai sekaligus. Adapun akses menuju tempat ini dapat dilalui kendaraan roda empat ataupun roda dua.
Dari pusat Kota Jogja, lokasi wisata ini berjarak 75 kilometer yang mana dapat ditempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.
Bukit Pengilon merupakan tempat alam terbuka dan berada jauh dari pemukiman warga, maka di sini tidak tersedia fasilitas umum, seperti toilet dan tempat makan. Sebaiknya, jika akan pergi ke Bukit Pengilon membawa bekal sendiri seperti akan berkemah.
Destinasi wisata selanjutnya adalah Nawang Jagad. Lokasi wisata ini cocok dikunjungi bagi ingin mendapatkan pengalaman menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi.
Nawang Jagad terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, tepatnya ada di sebelah barat Museum Ullen Sentalu. Nawang Jagad bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.
Fasilitas Nawang Jagad:
Daya tarik dari spot wisata yang satu ini adalah adanya hammock atau tempat tidur gantung yang menghadap langsung ke arah Gunung Merapi. Selain itu, tersedia pula bean bag yang nyaman dan bisa digunakan untuk duduk santai sembari ngopi di sana.
Di sini juga tersedia fasilitas arena kemping bagi yang ingin menikmati indahnya Gunung Merapi lebih lama lagi.
Harga Tiket Nawang Jagad:
– Rp 10.000 sudah mendapat free voucher minuman yang bisa ditukar di kantin yang ada di sana.
Mirip dengan Nawang Jagad, Tankaman Natural Park terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Lokasi wisata ini biasanya ramai dikunjungi oleh para pesepeda yang ingin menikmati segarnya udara dingin lereng Gunung Merapi.
Dilihat wisata di jogja dari laman Instagram resminya @tankaman.kaliurang, lokasi Tankaman ini berjarak 7 kilometer dari puncak Merapi. Di sana juga terdapat warung yang menjual minuman hangat dan gorengan bernama Pawon Ngalas Tankaman.
Adapun jam operasional dari Tankaman, yaitu mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB dan buka setiap hari Rabu-Senin. Untuk masuk ke Tankaman, saat ini tidak dipatok biaya. Namun, apabila wisatawan ingin berkemah di Tankaman, dikenakan biaya Rp25.000.
Selanjutnya, ada HeHa Sky View yang terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Patuk, Bukit, Gunungkidul, Jogja. HeHa Sky View merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang menawarkan pemandangan Kota Jogja dan sekitarnya.
HeHa Sky View juga menyediakan restoran berkonsep modern dengan menu yang lezat dan berbagai food stall yang bisa menjadi alternatif untuk mencicipi aneka jenis kuliner. Selain itu, terdapat berbagai spot foto yang Instagram-able.
Fasilitas HeHa Sky View:
Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di sini adalah Garden Area, Sky Glass, Love Box, Sky Swing, HeHa Aeroplane, Macrame, Bean Bag Area, Live Music, Food Stalls, HeHa Garage, Souvenir Shop, musala, toilet, dan area parkir yang luas.
Berbeda dengan HeHa Sky View, HeHa Ocean View menawarkan pemandangan lautan yang indah. HeHa Ocean View ini terletak di Bolang, Girikarto, Gunungkidul, Jogja.
Akses untuk menuju lokasi ini hanya bisa dilalui sepeda motor atau mobil pribadi. Namun, untuk rombongan bus juga disediakan shuttle bus untuk menuju lokasi.
Harga Tiket HeHa Ocean VieW:
– Rp20.000 saja.
Operasional HeHa Ocean View:
– Pukul 09.00-21.00 WIB pada hari Senin-Jumat.
– Pukul 08.00-21.00 WIB pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur.
Dikutip dari laman resmi Dinas Pariwisata Kulon Progo, dinpar.kulonprogokab.go.id, Ekowisata Sungai Mudal merupakan salah satu objek wisata air yang terletak di Pegunungan Menoreh. Sungai Mudal adalah mata air yang mengalir dan digunakan sebagai sumber air bersih oleh warga sekitar.
Secara administratif, Sungai Mudal ini terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Jogja. Lokasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30-15.00 WIB.
Fasilitas di Ekowisata Sungai Mudal:
Pengunjung bisa menghabiskan waktunya di Sungai Mudal dengan berenang. Tetapi ada juga wahana wisata lainnya di sini, seperti camping ground, permainan sepeda gantung, hingga flying fox.
Ekowisata Sungai Mudal ini juga menyediakan gazebo yang biasa digunakan pengunjung beristirahat. Adapun fasilitas lainnya yang terdapat di sini adalah pendopo, mushola, toilet, kamar ganti, toko suvenir, dan warung makan.
Untuk pengunjung yang datang dengan rombongan juga disediakan paket wisata, seperti paket menginap, paket kemping, paket outbound, dan paket sewa pendopo. Beberapa paket wisata tersebut ditawarkan pada kisaran harga mulai dari Rp30.000-Rp90.000.
Nah, itu dia 8 destinasi wisata terfavorit di Jogja selama tahun 2022. Selamat liburan, Lur!

  • No Comments
  • September 5, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *