19 C Mumbai
Friday 14th June 2024
16 Tempat Wisata Jogja Murah yang Indah dan Menakjubkan, Wajib … – Merdeka.com
By Sofyanradeon

16 Tempat Wisata Jogja Murah yang Indah dan Menakjubkan, Wajib … – Merdeka.com

Merdeka.com – Tempat wisata Jogja murah semakin banyak ditemukan di Kota Pelajar ini. Sampai saat ini, Jogja masih menjadi daerah tujuan wisata yang populer di Indonesia. Hampir setiap hari libur, ada banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang berkunjung ke Yogyakarta.
Ada banyak jenis tempat wisata Jogja murah yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata budaya, tersedia di kota ini. Maka dari itu, menghabiskan waktu libur di Jogja menjadi pilihan paling tepat.
Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Jogja murah, ada beberapa lokasi yang sebaiknya tidak dilewatkan. Berikut sejumlah tempat wisata murah Jogja yang merdeka.com lansir dari Anekatempatwisata dan sumber lainnya:

Gumuk Pasir

gumuk pasir tertinggi
©AFP PHOTO/NICOLAS TUCAT
Gumuk Pasir menjadi salah satu tempat wisata Jogja murah yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Di tempat ini, Anda bisa merasakan suasana seperti di padang pasir. Selain bisa menikmati pemandangan di sekitar pasir, Anda juga bisa offroad dengan sensasi tantangan tersendiri di hamparan pasir.
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gumuk Pasir, langsung saja menuju ke Jalan Parangtritis. Cukup membayar biaya retribusi Rp10 ribu, Anda sudah bisa menikmati liburan di Gumuk Pasir.
Blue Lagoon
Tempat wisata Jogja murah selanjutnya adalah Blue Lagoon. Tempat pemandian ini memiliki air yang beri jernih dengan suasana di sekitar masih tampak asri. Daya tarik di tempat wisata Jogja murah ini, yaitu pengunjung bisa merasakan mandi sambil dihampiri beragam jenis ikan-ikan kecil.
Adapun lokasi Blue Lagoon yakni berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Dengan biaya retribusi sebesar Rp10 ribu, Anda sudah bisa melihat jernihnya air di Blue Lagoon.
Candi Ijo
Tempat wisata Jogja murah yang wajib Anda kunjungi berikutnya adalah Candi Ijo. Situs yang terletak 18 km di sebelah timur Yogyakarta ini dibangun di sebuah Bukit Hijau atau Gumuk Ijo sekitar abad ke-9. Candi Ijo menjadi salah satu candi tertinggi di Jogja dengan ketinggian 375 meter.
Candi Ijo menawarkan keindahan panorama alam yang memesona, terutama pada sore hari. Cukup dengan membayar retribusi sebesar Rp5 ribu, Anda sudah bisa menikmati keindahan bangunan arsitektur Candi Ijo yang sarat akan nilai-nilai sejarah.
Pantai Indrayanti
Salah satu tempat wisata Jogja murah yang paling banyak dikunjungi adalah Indrayanti. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut, bisa memanjakan mata para wisatawan.
Cukup membayar biaya retribusi Rp10 ribu, Anda sudah bisa menikmati panorama alam Pantai Indrayanti yang memesona. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, sebaiknya tidak melewatkan untuk mengunjungi tempat wisata Gunungkidul satu ini.
Gunung Api Purba Nglanggeran
Tempat wisata Jogja murah yang digemari oleh Kawula muda adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat wisata Gunungkidul satu ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan memiliki bentang alam yang Indah. Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan tebing yang eksotis, dari atas ketinggian, Anda bisa menyaksikan panorama pemandangan alam yang bisa memanjakan mata.

Taman Sari

istana air tamansari
©kratonjogja.id
Wisata Jogja murah selanjutnya, yaitu Taman Sari. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati seni arsitektur masa lampau. Dulunya, Taman Sari dipakai sebagai tempat untuk pemandian putra-putri keraton.
Selain memiliki bentuk bangunan yang eksotis, situs Taman Sari juga memiliki nilai-nilai sejarah yang penting untuk diketahui. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp5 ribu, Anda sudah bisa menikmati keindahan bangunan di dalamnya.
Bukit Pengilon
Salah satu tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi adalah Bukit Pengilon. Nama Bukit Pengilon sendiri dari bahasa Jawa yang memiliki arti cermin, hal ini karena di bukit ini terdapat batu yang mirip dengan cermin.
Obyek wisata yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Dari atas ketinggian, wisatawan dapat menikmati kesejukan dan panorama pantai yang memesona. Bukit Pengilon sendiri berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo.
Asram Edupark
Asram Edupark merupakan tempat wisata Jogja murah yang merupakan wisata edukasi berbasis alam dibuka di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman.
Paket menginap yang ditawarkan tempat wisata di Yogyakarta ini juga relatif terjangkau, mulai Rp350.000 per orang sudah termasuk BBQ Cooking Experience dan sarapan. Sementara, paket glamping dan outbound dibanderol sekitar Rp485.000 per orang, paket outbound anak Rp105.000 per orang, paket outbound dewasa Rp135.000 per orang, dan paket BBQ mulai Rp120.000.
Curug Pulosari
Melansir dari laman Aneka Tempat Wisata, ada banyak tempat wisata Jogja murah yang tak kalah, adalah Curug Pulosari. Tempat ini merupakan air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan.
Meski pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil, namun destinasi wisata yang berada di Kabupaten Bantul ini memiliki air yang masih jernih dan panorama alam eksotis. Bagi yang menyukai wisata alam yang masih bersih dan asri, tempat ini wajib dikunjungi.
Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di Keraton Yogyakarta. Saat ini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalam museum ini, terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, dan ruang audiovisul.
The Lost World Castel
Melansir dari laman Java Travel, wisata Jogja murah yang pertama adalah The Lost World Castel yang bisa membuat Anda seperti berada di banteng Takeshi, salah satu acara TV di Jepang.
Tempat wisata ini dibangun untuk tujuan edukasi perihal erupsi Gunung Merapi yang pernah terjadi beberapa tahun silam. Erupsi tersebut menyebabkan beberapa desa, yakni salah satu desa Kepuharjo lenyap.
Untuk memasuki area wisata ini, kamu bisa menyiapkan uang Rp25.000 rupiah dan bisa menikmatinya mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Wisata alam yang mulai popular di tahun 2010-an ini memiliki keindahan alam yang memesona. Tak hanya itu, di tempat ini Anda bisa merasakan segarnya air terjun yang masih jernih.
Air Terjun Sri Gethuk sendiri terletak di Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen atau sekitar 45 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dari arah Kota Yogya, waktu yang harus ditempuh sekitar 1 jam.
Pantai Parangtritis
Salah satu tempat wisata Jogja murah yang paling populer adalah pantai parangtritis. Pantai yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja ini, memiliki gumuk atau gundukan pasir di sekitar pantai. Bahkan, gumuk ini menjadi satu-satunya gurun di Asia Tenggara.
Di samping itu, Parangtritis juga dianggap sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti di Yogyakarta bersama Gunung Merapi dan Keraton Kasultanan. Tak heran, jika pantai ini memiliki peranan penting bagi Yogyakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta, sebaiknya tidak melewati kesempatan untuk menikmati keindahan pantai Parangtritis.
Watu Lumbung
Watu Lumbung menjadi salah satu wisata jogja terbaru yang menawarkan konsep edukasi. Tempat wisata yang terletak di utara Pantai Parangtritis ini tak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga menyimpan nilai-nilai edukasi yang tersirat dalam ritual serta persembahan sederhana.
Di obyek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana terbuat dari bambu dan kayu yang dibangun di antara pohon-pohon jati sebagai penyangga.
Kampung Wisata Watu Lumbung juga menyediakan beragam kuliner lezat khas Yogya yang menggugah selera. Oleh karena itu, tempat wisata di Bantul satu ini wajib dikunjungi.
Bukit Becici
Salah satu wisata Jogja terbaru yang saat ini tengah digemari kawula muda adalah Puncak Becici. Obyek wisata alam yang terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo ini, menawarkan panorama keindahan alam yang memesona.
Bahkan, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah berkunjung ke tempat ini dan terpesona dengan keindahan alamnya.
Air Terjun Randusari
Tak hanya Curug Pulosari, wisata Jogja murah juga memiliki Air Terjun Randusari. Obyek wisata yang memiliki ketinggian sekitar 12-15 meter dengan kedalaman 1-3 meter ini terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Selain memiliki air yang jernih, tempat wisata ini juga menawarkan panorama alam yang memesona.
Bagi yang datang dari arah kota Jogja, Anda bisa melewati rute Jalan Jogja-Wonosari atau melalui jalur Gunung Api Purba Nglanggeran. Panorama alam yang masih nampak hijau, akan memanjakan mata Anda ketika menuju obyek wisata satu ini.
Anies-Cak Imin diketahui resmi dideklarasikan menjadi pasangan bakal capres-cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.
Lonceng ditemukan di dalam reruntuhan Kota Kuno Zheng dan Negara Bagian Han, di sebuah lubang penjagalan.
Berikut rahasia yang tersembunyi orang-orang Mesir Kuno dalam membuat tinta.
Wakapolda NTB bagikan momen mesra anak dan menantunya di Instagram.
Belum lama ini Moeldoko tertangkap kamera sedang makan di pinggiran jalan. Gayanya yang sangat sederhana pun berhasil menjadi sorotan publik.
Banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan jika mengamalkan bacaan ini.
Defisit kalori banyak dipraktikkan untuk menurunkan berat badan, namun ada manfaat lain yang dimilikinya.
Jujur adalah sifat yang memerlukan kesesuain antara perkataan yang diucapkan dengan perbuatan yang dilakukan.
Qodarullah adalah ketetapan atau qadar dari Allah SWT yang tidak perlu dipertanyakan atau disesali.
Wulan Guritno dikabarkan sedang terseret kasus judi online. Di saat namanya ramai diperbincangkan, kini dirinya sedang berada di Kebumen untuk sebuah proyek.
Baby blues adalah kondisi mental yang dapat terjadi pada siapa saja.
Ayah Medina Zein meninggal dunia akibat stroke. Ia tak bisa hadiri pemakaman sang ayah karena tengah alami hukuman penjara.
Copyright © 2023 Merdeka.com
KLY KapanLagi Youniverse All Right Reserved.

source

  • No Comments
  • September 5, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *