19 C Mumbai
Tuesday 27th February 2024
10 Wisata Anak di Bali yang Nyaman dan Asyik – detikBali
By Sofyanradeon

10 Wisata Anak di Bali yang Nyaman dan Asyik – detikBali

ADVERTISEMENT
Keindahan pantai Bali menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Selain pantainya, banyak juga tempat wisata yang bisa dieksplor.
Beragam aktivitas menarik juga bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, diving hingga foto-foto di lokasi yang instagramable. Simak rangkuman rekomendasi detikBali berikut.
detikers yang mau menjelajahi alam bawah laut Bali bisa mengunjungi Seawalker. Kamu bisa menyelam dengan kedalaman 3-5 meter untuk melihat cantiknya terumbu karang dan beragam ikan tropis. Wisata ini bisa dinikmati oleh anak-anak mulai dari usia 7 tahun.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Mengutip situs seawalkerdiving, perjalanan dimulai dengan menaiki perahu dari Grand Mirage Resort yang berlokasi di Jalan Pratama, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung. Sebelum turun untuk menyelam, wisatawan akan diberi panduan singkat oleh instruktur .
Wisatawan akan turun dari tangga perahu dengan bantuan instruktur. Air juga tidak akan mengenai wajah sebab wisatawan dipakaikan helm seawalker.
Untuk harga tiket wisata ini adalah sekitar Rp 1.178 juta untuk orang dewasa dan Rp 1.021 juta untuk anak-anak.
Desa Batu Dawa bisa jadi lokasi tujuan untuk traveling bareng keluarga nih, karena ada rumah pohon yang unik. Lokasinya berada di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem Bali.
Letaknya yang tinggi membuat wisatawan bisa berfoto dengan latar pemandangan indah dari rumah pohon ini. Tak hanya itu, sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menikmati pemandangan lembah, sungai serta kemegahan Gunung Agung.
Nah untuk memasuki area rumah pohon Kubu Karangasem ini dikenakan biaya tiket sebesar Rp 10 ribu per orang.
Siapa yang suka main bajak laut? Ada kafe dan restoran terbuka di kawasan ITDC Nusa Dua yang mewah yang punya tema kapal bajak laut.
Mengutip situs The Pirates Bay Bali, di sana ada rumah pohon, kapal yang terbengkalai dengan konsep bajak laut hingga tenda gurun dengan pemandangan pantai yang cantik. Cocok nih buat wisatawan yang mau jadi anggota bajak laut dalam sehari.
Makanan yang bisa dinikmati mulai dari samosa, salad, steak hingga makanan khas Indonesia seperti nasi goreng dan kari ayam dengan kisaran harga Rp 39.000 hingga 325.000.
Untuk wisatawan yang naik kendaraan pribadi, Pirates Bay bisa ditempuh selama 15 menit dari Kuta Selatan via Jalan By Pass Ngurah Rai. Sementara yang mau naik kendaraan umum bisa naik bus Trans Sarbagita di koridor 2 dan turun di halte Pantai Water Blow. Selanjutnya tinggal jalan kaki selama 5 menit.
Mau foto-foto di lokasi Instagramable? Di sini tempatnya. Dream Museum Zone merupakan museum seni trik 3 dimensi yang memiliki gambar-gambar seni 2 dimensi yang terlihat seperti 3 dimensi.
Dikutip dari situs DMZ Bali, ada sekitar 120 lukisan karya seniman Korea di sini. Beberapa karyanya meliputi Egyptian, Piramida dan gua bawah laut.
Dream Museum Zone berlokasi di Jalan Nakula, Legian-Kuta, Bali. Untuk sampai ke museum ini, dari Bandara Ngurah Rai, kamu tinggal jalan menuju utara melintasi Jalan Sunset dan Jalan Nakula. Waktu tempuhnya 10 menit.
Menurut situs agen travel, tiket masuk ke Dream Museum Zona adalah Rp 165 ribu.
Wisata air yang sudah dibuka sejak tahun 1993 ini terletak di jantung Kuta. Seluas mencakup 3,8 hektar, di dalamnya ada 22 seluncuran dengan standar keamanan internasional, area gazebo pribadi, halaman rumput yang luas hingga beberapa restoran.
Mengutip situs Waterbom Bali, ada The Climax, seluncuran paling curam di Asia buat wisatawan yang suka menantang adrenalin hingga area anak-anak bernama Funtastic. Fasilitasnya mencakup loker pribadi, peminjaman handuk dan pusat pertolongan pertama yang memiliki tenaga medis mumpuni.
Harga tiket masuknya adalah Rp 327.250 ribu untuk anak-anak usia 2-11 tahun, Rp 454.750 ribu untuk dewasa, serta Rp 1.436.500 untuk paket keluarga dengan dua orang dewasa dan dua orang anak-anak.
Bali Doll House memiliki 1.000 koleksi boneka yang menarik dari seluruh dunia. Berlokasi di Gianyar, Bali, museum boneka ini bakal disambut dengan berbagai boneka imut dengan kisah yang edukatif.
Koleksi bunga terdiri dari karakter film, selebriti, tokoh publik dan masih banyak lagi. Tak hanya lihat bunga, ada rooftop yang kerap jadi spot instagramable. Ada pemandangan dekorasi kereta labu Cinderella yang ciamik.
Tak perlu khawatir akan lapar, ada restoran outdoor yang menyediakan berbagai macam hidangan makanan ringan hingga berat. Dilansir situs Bali doll House, tiket masuknya adalah Rp 50.000 untuk dewasa dan anak-anak usia 5-12 tahun. Sementara untuk anak-anak di bawah 5 tahun gratis.
Suasana ala pedesaan Safari Afrika bisa wisatawan dapatkan di Mara River Safari Lodge. Berlokasi di area Taman Safari Bali, resor ini menyuguhkan pengalaman liburan unik dengan suasana dan akomodasi yang terinspirasi dari safari.
Dikutip dari situs Mara River Safari Lodge, semua kamar Mara River Safari Lodge memiliki teras terbuka dan memberi kesempatan untuk tamu bisa melihat binatang dari jarak dekat. Ada fasilitas kolam renang, kafe, restoran, welcome drink hingga buah-buahan di setiap kamar.
Untuk harga Twiga Deluxe dengan balkon menghadap ke hewan yang berkeliaran dan paket safari adalah Rp 2.800.000 per dua orang. Jadi, anak-anak bisa merasakan sensasi melihat satwa bak safari tanpa jauh-jauh ke Afrika.
Sesuai namanya, Mason Elephant Park & Lodge mengajak wisatawan belajar sambil berinteraksi dengan gajah sumatera. Ya, di sini anak-anak bisa mengetahui seluk-beluk gajah dan mammoth di Museum dan Education Center.
Menariknya, ada penginapan dengan 30 kamar yang membuat wisatawan bisa melihat gajah menjalani hidup mereka sehari-hari. Lokasinya berada di Jalan Elephant Safari Park, Tegalalang, Ubud, Bali.
Menurut situs Mason Elephant Park & Lodge, untuk Lakeside Single Room, harganya adalah 1.710.000 per orang.
Pantai populer Kuta bisa jadi tempat yang cocok untuk menikmati hamparan pasir putih dan debur ombak yang menenangkan bersama keluarga. Berada di bagian selatan Pulau Bali, wisatawan hanya perlu berkendara mobil selama 5 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk bisa sampai.
Menurut situs Badung Tourism, pantai Kuta memiliki panjang kurang lebih 1.500 meter. Biasanya, di sini wisatawan menikmati matahari terbenam, berenang atau berselancar. Hal menarik di Pantai Kuta lainnya adalah kura-kura yang bisa ditemukan di sana.
Adapun berbagai fasilitasnya adalah tempat makan mulai dari restoran, theater, water park hingga tempat wisata belanja. Nah, untuk masuk ke Pantai Kuta, detikers tak akan dikenakan biaya. Tapi untuk menikmati fasilitas atau wahana yang tersedia berbayar, berikut kisarannya:
Tak hanya Kuta, Pantai Pandawa juga cocok jadi tempat liburan bersama anak-anak. Berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pantai ini berjarak 18 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.
Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, pantai ni bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sementara, dari Denpasar, wisatawan menggunakan tol Bali Mandara.
Pasirnya begitu bersih dan air lautnya juga jernih. Wisatawan bisa bermain air, bersantai dengan berjemur di tepi pantai atau mengamati proses budidaya rumput laut yang dilakukan oleh petani setempat.
Untuk wisatawan domestik, harga tiketnya adalah Rp 8.000, sementara wisatawan mancanegara dibanderol Rp 15.000.
Dilansir Honeycombers, berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan dengan anak di Bali:
Devdan Show di Bali Nusa Dua Theater menyuguhkan pertunjukan panggung yang akan membawa wisatawan tour ke beberapa pulau di Indonesia. Di sini anak-anak akan melihat keindahan kepulauan Indonesia dengan tampilan akrobat lantai, penari dan kembang api.
Anak-anak bisa melukis pot sesuai dengan keinginan mereka di Jenggala, Jimbaran. Program Paint a Pot memungikinkan anak-anak membawa pulang oleh-oleh berupa karya mereka.
Cubby House Kids Club merupakan tempat untuk mengajarkan anak-anak memasak. Lokasinya berada di Finns Rec Club.
Bali merupakan rumah bagi banyak pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anak-anak bisa menyelam dan mencari penyu di lautan jernih Nusa Lembongan.
5. Mengunjungi Kebun Raya
Anak-anak bisa menghirup udara segar di kebun raya, Bedugul. Ada hutan bambu yang menarik dijelajahi.
Puncak Batur menawarkan salah satu pemandangan indah di Bali. Pendakiannya pun tidak terlalu menantang. Biasanya pendakian dilakukan untuk melihat sunrise di pagi hari.
Dilansir Childrens Health Fund, berikut beberapa poin tips agar anak memiliki liburan yang menyenangkan
Itulah rekomendasi 10 wisata anak di Bali beserta beragam aktivitas yang bisa dilakukan hingga tipsnya. Selamat berlibur.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source

  • No Comments
  • September 6, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *