19 C Mumbai
Saturday 20th July 2024
Dispar Bali Dalami Pengakuan Turis Aussie Digigit Monyet di Monkey Forest Ubud – detikBali
By Sofyanradeon

Dispar Bali Dalami Pengakuan Turis Aussie Digigit Monyet di Monkey Forest Ubud – detikBali

Dinas Pariwisata Provinsi Bali mendalami pengakuan wisatawan asal Australia Jami Groves yang digigit monyet saat berkunjung ke Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali. Turis Aussie itu sempat bikin heboh lantaran mengaku mengeluarkan uang Rp 97 juta untuk mendapat vaksin antirabies.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun akan mencari tahu kronologi terkait wisatawan yang digigit monyet tersebut. “Saya memang belum dapat lengkap laporan dari Disparda Gianyar. Tetapi, terlepas dari itu, masing-masing kan memiliki SOP,” kata Pemayun saat dihubungi detikBali, Sabtu (8/6/2024).
Pemayun enggan mengomentari pengakuan Groves yang menyebut dirinya tidak mendapat arahan bahwa monyet di Monkey Forest bisa menggigit pengunjung. Menurutnya, petugas di objek wisata tersebut biasanya mengingatkan aturan atau hal-hal yang harus diperhatikan para turis.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
“Biasanya kan disampaikan, seperti jangan melihat mata monyet, jangan membawa kaca mata, lalu handphone (HP) dimasukkan, dan soal pemberian makan (ke monyet),” imbuhnya.
Selain itu, Pemayun juga tak mau menanggapi pengakuan Groves terkait biaya yang dia keluarkan untuk mendapat delapan dosis suntikan antirabies atau Post-Exposure Prophylaxis (PEP). Pemayun menyebut hal itu bukan merupakan ranahnya.
Sebelumnya, Groves mengeluh atas kejadian buruk yang menimpanya di Monkey Forest. Setelah digigit monyet, dia harus mengeluarkan uang Rp 97 juta untuk mendapat delapan dosis suntikan antirabies. Suntikan itu dapat menghentikan potensi virus mencapai saraf pusat sebelum berakibat fatal.
Gara-gara pengalaman itu, Groves benci setengah mati pada monyet. “Saya harus menggunakan seluruh dana liburan ke Eropa untuk membayar tagihan medis yang akhirnya menghabiskan biaya sekitar USD 6.000 atau Rp 97 jutaan,” dia menambahkan.
HR Manager Monkey Forest, Nensi Suyanti, menyebut Groves tak melapor ke petugas atau ke klinik di sana seusai digigit monyet. Berdasarkan rekaman CCTV, Groves bahkan masih terus berkeliling di kawasan wisata itu dan seolah-olah tak ada sesuatu yang menimpa dirinya.
“Ia tampak digigit oleh monyet ukuran kecil pada bagian paha dan betisnya. Tapi ia tetap melanjutkan berkeliling kawasan wisata tanpa ada kesan sempat digigit monyet,” kata Nensi, Sabtu.
Manajemen kawasan tak memiliki catatan ada turis yang digigit monyet saat itu lantaran Groves tak melapor. Adapun, peristiwa itu terjadi pada 30 Mei 2024.
“Biasanya setiap ada gigitan pertama kami tangani di klinik, kemudian rujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan vaksin ataupun serum antirabies. Dan untuk kasus ini murni tidak ada pelaporan ke petugas lapangan,” imbuhnya.

source

  • No Comments
  • June 13, 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *