19 C Mumbai
Saturday 20th July 2024
Digigit Monyet Saat Liburan di Bali, Turis Australia Suntik Rabies Rp 97 Juta – detikSumbagsel
By Sofyanradeon

Digigit Monyet Saat Liburan di Bali, Turis Australia Suntik Rabies Rp 97 Juta – detikSumbagsel

Seorang turis asal Australia bernama Jami Groves memilih liburan di Bali. Namun liburan bersama temannya berakhir kurang menyenangkan saat ia digigit monyet di Forest Monkey Ubud.
Dilansir detikTravel, usai digigit monyet dirinya harus merogoh kocek hingga puluhan juta Rupiah untuk suntik antirabies. Kejadiannya bermula saat Groves dan rekannya mengunjungi Forest Monkey Ubud. Awalnya ia mengaku tidak menyukai ide berlibur di sana. Namun mereka tetap ke lokasi wisata tersebut karena mengetahui tempat itu cukup terkenal di kalangan turis Australia.
Saat sampai di sana, sebuah insiden menimpa Jami Groves. Kala itu, ia sedang berpose bersama monyet, namun monyet itu menggigitnya.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
“Tiga monyet memanjat kaki saya dan mulai menggigit saya, saya harus berdiam diri karena khawatir mereka akan mengejar saya,” kata dia.
Groves mengaku terkejut karena di pintu masuk ataupun dari berbagai testimoni turis Australia tidak ada yang menjelaskan bahwa monyet bisa menggigit. Pengunjung diminta mewaspadai monyet karena suka mengambil perhiasan dan barang-barang lain dari traveler, tapi tidak dengan gigitan monyet.
“Saya mendapat kesan bahwa Forest Monkey adalah pengalaman interaktif dan tidak diperingkatkan secara resmi tentang bahaya apa pun di sekitar monyet,” kata dia.

Karena Groves takut dengan gigitan itu, ia kemudian datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Sesampainya ia di sana, keadaan menjadi bertambah buruk.
Dokter memberi tahu Groves bahwa dirinya harus mendapat suntikan rabies. Jika ia terlambat, maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Mendengar penjelasan dokter, Groves kaget setengah mati. Sementara temannya cekikikan sambil merekam ekspresi terkejut Groves.
“Tidak lucu, tidak lucu,” kata Groves pada kawannya.
Pada akhirnya Groves harus mendapat delapan dosis suntikan antirabies atau Post-Exposure Prophylaxis (PEP). Suntikan itu dapat menghentikan potensi virus mencapai saraf pusat sebelum berakibat fatal.
“Saya harus menggunakan seluruh dana liburan ke Eropa untuk membayar tagihan medis yang akhirnya menghabiskan biaya sekitar USD 6.000 atau Rp 97 jutaan,” dia menambahkan.
Usai insiden tersebut, Groves pun akhirnya sangat membenci monyet.
“Saya benci monyet,” kata dia dengan nada ketus.

source

  • No Comments
  • June 13, 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *