19 C Mumbai
Saturday 20th July 2024
8 Pilihan Objek Wisata Alam Terbaik di Jogja, Kebanyakan Memacu Adrenalin – Travel Tempo.co
By Sofyanradeon

8 Pilihan Objek Wisata Alam Terbaik di Jogja, Kebanyakan Memacu Adrenalin – Travel Tempo.co

Lupa Kata Sandi? Klik di Sini
atau Masuk melalui
Belum Memiliki Akun Daftar di Sini
atau Daftar melalui
Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo
Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang
Pencarian Terpopuler
Reporter

Editor
Istiqomatul Hayati
Senin, 5 Juni 2023 09:00 WIB
Bagikan
TEMPO.CO, Jakarta – Wisata alam di Yogyakarta terkenal dengan sejarah nasional serta peristiwa alam hebat yang mengguncang masyarakat sekitar. Namun, berkat kecerdasan masyarakatnya untuk mengelola hasil masa lampau, memunculkan wisata-wisata alam sebagai tempat rekreasi masyarakat Indonesia bahkan penjuru dunia. Berikut rekomendasi wisata alam Jogja:
Goa Jepang Kaliurang merupakan rekomendasi wisata alam dekat Malioboro yang bersejarah. Sesuai namanya, goa ini peninggalan Jepang yang saat itu berlindung diri dari serangan sekutunya. Jika Anda ke wisata Kaliurang ini, Anda akan ditemani pemandu wisata yang siap menceritakan sejarah Goa Jepang Kaliurang unit dan lokasinya dekat Gunung Merapi.
Baca Juga:
Jurus Yogya Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024 Agar Wisata Tetap Adem
Kunjungan wisata hanya dibatasi sampai pukul 15:00 dengan biaya mulai Rp 10.000. Sayangnya, Goa Jepang Kaliurang tidak dilengkapi penerangan sehingga Anda harus membawa senter jika ingin menelusuri goa. Jika hujan, airnya juga akan menetes ke dinding goa. Jadikan Goa Jepang Kaliurang sebagai destinasi Anda dengan berkunjung ke Jalan Kaliurang, Area Hutan, Kecamatan Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Goa Jepang Kaliurang. Foto: visitingjogja.jogjaprov.go.id.
Pantai Timang merupakan wisata alam Jogja yang terkenal dengan deburan ombak dan tebing yang tinggi untuk menguji adrenalin Anda. Ternyata, ini wisata Jogja paling recommended!
Baca Juga:
Tangani Darurat Sampah Kota Wisata Yogya Libatkan Pihak Swasta dan Teknologi Khusus
Konon, wisata alam ini hanya untuk mata pencaharian nelayan untuk mencari lobster. Untuk mencapai Pantai Timang yang menjadi habitat lobster di balik karang, nelayan hanya bisa menggunakan gondola. Anda juga bisa menikmati wisata alam ini dengan berkunjung ke Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Namun, fasilitas yang belum memadai jadi PR Anda untuk membawa bekal pribadi secara lengkap terutama makanan. Harga tiket masuk dibanderol Rp 5.000, gondola Rp 15.000, dan naik jembatan gantung Rp 100.000.
Goa Jomblang penuh panorama yg asri mulai dari air yang jernih, bisa survival, juga adventure. Goa Jomblang menjadi rekomendasi wisata Jogja bagi Anda yang berjiwa petualang. 
Untuk adventure, Anda bisa mengajak teman dan keluarga. Jika membawa peralatan adventure sendiri, Anda lebih hemat biaya daripada harus menyewa mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per orang. Namun, Anda dikenakan kewajiban untuk mendapatkan izin dari warga setempat. Anda tertarik? Nikmati wisata alam Goa Jomblang di Dukuh Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta mulai pukul 08:00 – 14:00 WIB. Saat di Goa Jomblang, Anda juga bisa mampir ke Malioboro tempat terdekat wisata alam ini.
Wisata alam terbaru di Jogja yang lagi hits saat ini adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Wisata alam Jogja ini direkomendasikan untuk anak-anak hingga dewasa. Di Agrowisata Bhumi Merapi, Anda dapat menyaksikan tempat perkebunan, peternakan, dan pertanian. Untuk peternakan, wisata alam ini beternak kambing untuk diajak foto dan dinikmati hasil olahan susunya. Untuk pertanian dan perkebunan, Anda dapat menikmati tanaman hidroponik serta kopi yang bisa diseduh langsung.
Agrowisata Bhumi Merapi wisata alam terbaru buka pukul 09:00 – 17:00 dengan biaya masuk mulai Rp 35.000. Kunjungi Jalan Kaliurang KM 20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.
Goa Pindul mungkin jadi kabar gembira bagi Anda yang memiliki batita. Air yang tenang dan segar dapat menjadi tempat wisata batita mulai usia 1 tahun, tetapi tetap menggunakan pertimbangan matang. Di dalam Goa Pindul, Anda akan menemukan moonmilk dengan dayungan perahu kecil untuk menyusuri sungai. Konon, stalaktit atau batu kapur lancip dinding goa terbesar di dunia ada di wisata alam Goa Pindul. 
Untuk menikmati sensasi goa seperti ray of light dan bendungan Banyumoto, Anda disarankan berkunjung pada pukul 09:00 -10:00. Wisata alam Jogja Goa Pindul hanya ada di Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Cukup membayar tiket masuk Rp 20.000 – Rpv40.000 ditambah retribusi Rp 10.000 per orang.
Ingin mandi di alam terbuka? Rekomendasi wisata Blue Lagoon Jogja harus jadi opsi pertama Anda. Wisata alam ini mirip Blue Lagoon Iceland untuk kalangan elit. Namun, Bule Lagoon Jogja dapat Anda kantongi dengan biaya mulai Rp 10.000 termasuk biaya lemon tea.
Konon, Blue Lagoon Jogja merupakan perairan sawah yang diviralkan oleh kelompok mahasiswa KKN Kaliurang 2014. Keviralan ini karena Blue Lagoon memilik daya tarik air berwarna nan jernih berasal dari 3 sumber mata air juga hutan rimbun untuk merefleksikan piki ran Anda. Kunjungi segera di Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda juga bisa menyewa homestay atau datang langsung ke Blue Lagoon Jogja pukul 06:00 – 17:00 WIB.
Rekomendasi wisata Jogja untuk camping adalah Puncak Kosakora yang berada di dekat Malioboro. Kejernihan air pantai, bukit tinggi 50 mdpl, dan pasir mengajak Anda seperti sedang di wisata alam milik pribadi. Namun, Anda harus menelusuri sepanjang hutan dan tracking jalan kaki menuju Puncak Kosakora. Keletihan Anda akan dibayar dengan wisata alam terdekat dari Puncak Kosakora seperti Pantai Ngrumput, Pantai Kukup, dan pantai lainnya. Cukup bayar Rp 10.000, Anda bisa bervoli di pantai Puncak Kosakora yang buka 24 jam ini. Datang segera ke Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Kebun Teh Nglinggo, Yogyakarta. Foto: Instagram @kebuntehmisinglinggo.
Suasana lereng-lereng puncak Gunung Kukusan akan menemani perjalanan Anda menuju wisata alam Jogja Kebun Teh Nglinggo. Sepanjang perjalanan, Anda akan merasakan udara dingin ditemani puncak Dempok yang merupakan puncak terendah dan puncak Kandeng yamg merupakan puncak tertinggi. Puncak- puncak dekat Kebun Teh Nglinggo cocok untuk Anda untuk berburu sunrise dengan secangkir kopi hangat. Rekomendasi wisata Jogja ini juga bisa jadi tempat camping atau homestay Anda. Cukup bayar tiket masuk Rp 5.000 dengan operasi wisata 24 jam.
NIA HEPPY | ALFI MUNA SYARIFAH 

Pilihan Editor: Ingin Traveling di Meru Betiri, Ini Hal-hal yang Harus Diketahui dan Disiapkan
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co.” Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Berita Selanjutnya
Taman J-Hope di Hutan Seoul Destinasi Wisata Baru Penggemar K-Pop
2 jam lalu
Diskusi Bareng Redaksi
Mari bergabung dengan Komunitas Pembaca Tempo untuk diskusi langsung bareng redaksi.
Artikel Terkait
Jurus Yogya Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024 Agar Wisata Tetap Adem
Tangani Darurat Sampah Kota Wisata Yogya Libatkan Pihak Swasta dan Teknologi Khusus
Kereta Anjlok di Yogya : 10 Gerbong Sudah Dievakuasi, Catatan Korban Luka Jadi 32 Orang
Mengintip Menu Santap Malam Ganjar Pranowo di Rumah Butet Kartaredjasa di Yogyakarta
Kereta Eksekutif Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo, Kesaksian Penumpang: Tiba-tiba Rem Berdecit Keras dan Brakk..
Taman Pintar Yogyakarta jadi Rujukan Edu Tourism di Kuala Kangsar Malaysia
Rekomendasi Artikel
Video Pilihan
Jurus Yogya Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024 Agar Wisata Tetap Adem
14 jam lalu
Pemerintah Kota Yogyakarta mengantisipasi berbagai potensi kerawanan Pemilu 2024 agar tak sampai mengganggu kenyamanan aktivitas wisata
Tangani Darurat Sampah Kota Wisata Yogya Libatkan Pihak Swasta dan Teknologi Khusus
17 jam lalu
Persoalan darurat sampah yang turut menodai predikat Kota Wisata di Kota Yogyakarta diputuskan melibatkan pihak swasta untuk penanganannya.
Kereta Anjlok di Yogya : 10 Gerbong Sudah Dievakuasi, Catatan Korban Luka Jadi 32 Orang
1 hari lalu
Proses normalisasi jalur akibat kereta anjlok di kilometer 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo – Stasiun Wates berlangsung hingga malam.
Mengintip Menu Santap Malam Ganjar Pranowo di Rumah Butet Kartaredjasa di Yogyakarta
1 hari lalu
Ganjar Pranowo tampak antusias memilih hampir semua menu yang disajikan Butet Kartaredjasa dan Istrinya, Bu Ageng.
Kereta Eksekutif Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo, Kesaksian Penumpang: Tiba-tiba Rem Berdecit Keras dan Brakk..
1 hari lalu
Kereta Eksekutif Anjlok Di Kulon Progo, Kesaksian Penumpang : Tiba Tiba Rem Berdecit Keras Dan Brakk
Taman Pintar Yogyakarta jadi Rujukan Edu Tourism di Kuala Kangsar Malaysia
1 hari lalu
Kuala Kangsar, kota raja negeri Perak Malaysia, ingin membangun wisata pendidikan yang menyerupai Taman Pintar Yogyakarta.
Cucu Sultan Hamengkubuwuno IX, GKR Mangkubumi Siap Dicalonkan sebagai Ketua Kwarnas Pramuka
4 hari lalu
Ketua Kwarda Pramuka DI Yogyakarta, GKR Mangkubumi bersedia menjadi calon Ketua Kwarnas periode 2023-2028. Lantas, siapakah ia sebenarnya?
4 Destinasi Wisata Murah Meriah di Yogyakarta yang Wajib di Kunjungi
4 hari lalu
Berikut ini beberapa destinasi wisata wisata terjangkau di Yogyakarta yang wajib di kunjungi
14 Jenis Sate Nusantara, Mana yang Paling Anda Suka?
4 hari lalu
Sate adalah salah satu kuliner khas yang memiliki beragam jenis dari seluruh Nusantara. Mana sate favoritmu?
Tahun Politik, Yogyakarta Jaga Atmosfer Wisata Tetap Kondusif
5 hari lalu
Memasuki tahun politik jelang pemilu serentak 2024, sejumlah persiapan mulai gencar dilakukan untuk menjaga atmosfer wisata di Yogyakarta tetap kondusif.
Terpopuler di Travel
Erick Thohir Apresiasi Peningkatan Penonton dan Pariwisata di MotoGP Mandalika
9 jam lalu
Melihat Memori Bangsa di Pameran Naskah Tuanku Imam Bonjol
18 jam lalu
Rekomendasi 6 Makanan Khas Riau, Ada Salai Selais hingga Sup Tunjang
9 jam lalu
Jurus Yogya Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024 Agar Wisata Tetap Adem
14 jam lalu
Tangani Darurat Sampah Kota Wisata Yogya Libatkan Pihak Swasta dan Teknologi Khusus
17 jam lalu

10 jam lalu
Penuh Benda Antik, Ini 5 Museum Terkenal di Prancis Selain Louvre
12 jam lalu
Museum Tekstil Ditutup Mulai 20 Oktober hingga 25 Desember 2023
16 jam lalu
Asal Usul Nasi Kandar, Hidangan Banjir Kuah dari Malaysia yang Menggugah Selera
8 jam lalu
Kisah Menara Taipei 101 Jadi Gedung Tertinggi di 2004-2010: Lift dari Lantai 5 ke 87 Hanya 37 Detik
11 jam lalu
Terkini di Travel
Taman J-Hope di Hutan Seoul Destinasi Wisata Baru Penggemar K-Pop
2 jam lalu
Menilik 4 Restoran Tempat Taylor Swift dan Travis Kelce Kencan
3 jam lalu
8 Tanda untuk Mengetahui Kamar Hotel Sudah Dibersihkan dengan Baik
4 jam lalu
Kreasi Tepung Sagu, Dari Bubur Hingga Nugget
5 jam lalu
Demi Gaet Wisatawan Angkot Wat Kamboja Buka Bandara Baru
7 jam lalu
Asal Usul Nasi Kandar, Hidangan Banjir Kuah dari Malaysia yang Menggugah Selera
8 jam lalu
Wisata Aloha PIK 2: Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitasnya
9 jam lalu
Rekomendasi 6 Makanan Khas Riau, Ada Salai Selais hingga Sup Tunjang
9 jam lalu
Erick Thohir Apresiasi Peningkatan Penonton dan Pariwisata di MotoGP Mandalika
9 jam lalu
GOPIZZA Hadir di Bandara Changi dengan Inovasi Teknologi AI
10 jam lalu
Simak berita harian lebih mendalam di Majalah Tempo Digital.
LAPORAN UTAMA
LAPORAN NASIONAL
Informasi
Jaringan Media
Media Sosial
Unduh Aplikasi Tempo

source

  • No Comments
  • October 18, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *